Sunday 25 October 2015

Cara menambah Kolom Tabel dan Memodifikasi Tabel di Microsoft Word 2007

Mengedit Tebel di dalam Microsoft Word tentunya sangat penting untuk memudahkan kita dalam menyelesaikan pekerjaan yang berhubungan langsung dengan tabel dan tentunya anda harus mengetahui Tool - tool apa saja yang harus digunakan untuk mengedit tabel di Micorosoft Offce Word. Dan dalam postingan kali ini Panduan Sederhan akan memberikan beberapa Tips yang sangat bermanfaat bagi anda yang belum mengetahui tentang cara mengedit Tabel di Microsoft Word.

Tabel adalah salah satu Tool yang sangat penting yang ada pada Microsoft Office 2007 karena tabel berfungsi untuk memberikan Perincian tentang informasi dan daftar rangkuman yang sudah kita tentukan, contohnya pada saat kita membuat sebuah surat yang berisikan biodata seseorang yang memberikan susunan, nomor urut, nama, tempat tanggal lahir, alamat, dan sebagainya. tabel juga sangat berperan penting dalam pembuatan laporan keuangan, dan data karyawan bagi perusahaan.

Okei langsung saja kita Ke TKP, dibawah ini adalah langkah - langkah dalam mengedit tabel di Microsoft Office word 2007.

Langkah Pertama anda bisa membuat tebelnya terlebih dahulu dengan cara Klik pada Menu Insert kemudian klik Insert Table lalu tentukanlah Jumlah kolom dan baris kolom yang anda butuhkan seperti yanga pada contoh gambar di bawah ini.


kotak dialog Insert Table akan di tampilkan, kemudian pada Table Size ubalah Numbers Of Colummns atau jumlah kolom, dan ubalah juga pada Number Of Rows atau jumlah baris yang anda butuhkan, seperti yang ada pada gambar di bawah ini.


dan hasil dari Insert Table yang di atas adalah sebagai berikut.


contoh Tabel yang sudah berisi informasi



langkah selanjutnya adalah mengedit tabel dengan mangatur kolom kolom tabel sesuai dengan yang di butuhkan, dalam mengatur atau mengedit posisi tabel di word, tentunya akan membutuhkan perintah tertentu yang dapat memberikan suatu perubahan terhadap tabel yang di edit. untuk mengedit tabel anda akan saya arahkan ke menu Layout. menu Layout  memiliki peran penting dalam mengedit tabel di word atau untuk melakukan perubahan terhadap desain Tabel.

Untuk mengatur Posisi tabel anda terlebih dahulu mempelajari bagaimana cara memindahkan posisi garis tabel ke arah posisi yang di tentukan. anda bisa lihat apa saja yang harus di lakukan dalam memindahkan posisi tabel.seperti pada tutorial  dibawa ini.


  1. Move Table Colummns, berfungsi untuk memindahkan garis yang ingin di Pindahkan pada Tabel. letakanlah kursor anda pada Move table Colummns dan Geserlah ke kanan dan kekiri sesuai dengan posisi tabel yang di inginkan. seperti pada gambar di bawah ini.

selanjutnya adalah bagaimana cara menggabungkan dua Cell atau lebih menjadi Satu Cell dengan menggunakan Merge Cell yang ada pada Menu Layout. Merge Cells Berperan pengting dalam memberi perubahan pada tabel. Merge Cells sendiri berfungsi untuk menggabungkan beberapa Cell sehingga menjadi satu Cell. anda bisa ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

langkah pertama bloklah beberapa Cell yang ingin di gabungkan. agar lebih mudah memahami cara membloknya seperti apa, anda bisa lihat dan ikuti caranya di bawah ini.

apabilah anda sudah selesai memblok cell - cell seperti yang ada pada gambar di atas, langkah selanjutnya adalah Klik Menu Layout kemudian carilah Merge Cells lalu klik maka hasilnya akan menjadi satu Cell, seperti pada contoh gambar di bawah ini.

Hasil dari penggabungan Cell menggunakan Merge Cells
Selanjutnya bagaimana cara menambahkan kolom dan baris pada tabel sesuai dengan kebutuhan. Dan dengan mengetahui cara menambahkan kolom dan baris pada tabel akan lebih mempermudah anda dalam menyelesaikan suatu pekerjaan yang berkaitan dengan tabel. okei lansung saja kembali pada Menu Layout yang ada pada Toolbar, dan perhatikan langkah - langkah berikut.

letakanlah kursor pada tabel yang ingin ditambahkan Kolomnya kemudian klik Menu Layout lalu pilih atau klik Insert Right, maka secara otomatis kolom tabel yang anda ingin tabahkan Bertambah. Karena Insert Right berfungsi untuk menambahkan kolom tabel ke sebelah kanan. seperti pada contoh gambar di bawah ini.

Tools selanjunya adalah Inser Left. Insert Left berfungsi untuk menambahkan kolom ke sebelah kiri. seperti pada gamba di bawah ini.

kemudian lain halnya dengan Insert Below, Insert Belaow berfungsi untuk menambahkan baris Kebawah. seperti pada gambar dibawah ini.


dan Insert Above, Insert Above berfungsi untuk menambahkan baris Ke atas. seperti pada gambar di bawah ini.


Dalam Membuat Tabel di Word anda di haruskan untuk mengetahui Tools yang sudah di jelaskan pada artikel di atas. Okei... sampai jumpa lagi di artikel - artikel berikutnya..

Semoga bermanfaat.