Tuesday 16 September 2014

Cara Menjumlahakan dengan Tool Formula Pada Microsoft Office Word 2007

Cara Menjumlahakan Menggunaka Formula yang ada pada Microsoft Office 2007

         Beberapa waktu yang lalu ada seorang teman saya yang menanyakan bagaimana sih cara Menjumlahkan angka yang ada pada Table Microsoft Office 2007.? karna pada umumnya Penjumlahan angka hanya di lakukan pada Microsoft Office exel 2007, di bandingkan dengan Microsoft Office Word 2007 yang pada umumnya hanya digunakan untuk mengolah Huruf / Abjad...,hmm,... tetapi," Microsoft Office Word 2007  Tidak ketinggalan soal Penjumlahan angka, Microsoft Office 2007 telah menyediahkan Tool Untuk Menjumlahkan , yaitu FORMULA ....ya Microsoft Office Word 2007 Juga menyediakan Tool Penjumlahan yaitu FORMULA...Formula adalah tool Penjumlahan yang ada pada Microsoft Office Word 2007, dengan Tool Formula Kita dapat Menjumlahkan Angka yang ada pada Table yang kita buat...Dan sebagai contoh Penjumlahan Dengan Formulah saya akan Memberikan beberapa gambar Contoh Penjumlaha Formula yang ada pada Microsoft Office Word 2007...! Okey gan langsung aja ya, Buka Microsoft Officenya...!

Langka Pertama Buka Microsoft Office Word 2007nya...Kemudian Buatlah beberapa Kolom table yang sobat inginkan,,dan sebagai contoh saya membuat table dengan Empat Kolom Ke kanan dan empat kolom Ke bawah.. dan pastikan bahwa Sobat gan sudah Perna Membuat Table Sebelumnya.. Okey gan jika Microsoft Office Word 2007 nya sudah di buka, maka pada Menu Insert  Pilih Table, Untuk contohnya lihat Gambar di bawa..
 Lihat Gambar..:

Apabila sobat sudah Mengklik Table nya maka tampilanya akan seperti gambar di bawah ini,..
Lihat Gambar....:


Kemudian pada Menu table saya akan memilih Empat Kolom ke Kanan dan Empat Kolom Ke bawah, Seperti pada gambar Di bawa ini...:
Lihat Gambar,..,:


Okey Gan setelah saya membuat empat Kolom ke Kanan dan empat kolom ke bawa Maka tampilannya aka seperti gambar di bawa ini...
Lihat Gambar...:


Pada Tampilan Tiga Kolom Ke kanan, saya akan Mengisinya Dengan angka,.,.....Contohnya pada Kolom pertama saya akan Mengisinya dengan angka 50 dan Kolom Ke Dua saya akan Mengisinya dengan angka 60 dan kolom ke tiga saya akan mengisinya dengan angka 70..dan kolom ke empat Menjadi Tempat hasil penjulahannya,,,dan untuk menjumlahkannya saya akan menggunakan Tool Formula yang ada pada Microsoft Office word 2007... Pilih Menu Page Layout Kemudian Filh Icon Formula yang ada pada ToolBar di atas... 
Lihat Gambar..:



Jika sobat sudah klik Icon Formula Maka tampilanya akan seperti pada gambar di bawah ini...
Lihat gambar :


Nah pada kotak dialog Formula, ada beberapa SubMenunya antara lain adalah Formula, Number Format, Paste Function. jadi yang kita gunakan untuk menjumlahkan ada Submenu FORMULA, yang memiliki format awal =Sum(left), Maksud dari Sum(left) adalah kita menjumlahkan dari kiri ke kanan...dan apabila kita ingin menjumlahkan dari kanan ke kiri kita cukup Menggati Left menjadi right,,nah untuk Lebih Detailnya lagi coba lihat contoh gambar dibawa ini...
Lihat Gambar..:

Pada kotak dialog formula klik OK..maka angka yang kita ingin jumlahakan tadi sudah di jumlahkan Untuk Melihat hasilnya lihat gambar di bawah ini...
Lihat Gambar..:


Hmmm..gampangkan gan...
Selamat Mencoba ya....

Dan terus Berlatih 


"Salam Bloger"